Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Awalan 0811 Nomor Operator Kartu Apa Ya?

Pernahkan kalian mendapatkan telepon dari nomor operator ponsel dengan awalan 0811? Terdengar asing bukan? Sebenarnya 0811 nomor apa ya? Nah, kalau kalian mau telepon balik kira-kira akan menyedot banyak pulsa atau tidak ya?

Banyak juga yang masih mengira jika kode 0811 ini berasal dari luar negeri. Ada juga yang mengira nomor ini berasal dari layanan telepon rumah. Apalagi nomor dengan kode 0811 biasanya hanya terdiri dari 11 digit angka saja. Sebaiknya kalian cari tahu dulu nomor di atas pada pembahasan di bawah ini:

0811 Nomor Operator Apa?

0811 nomor apa sih - 0811 nomor operator apa

Apa nomor ponsel yang paling banyak kalian tahu atau bahkan digunakan sendiri? Pasti banyak orang yang menggunakan nomor telepon dengan awalan 082xxx. Nah, ketika kalian menerima pesan atau telepon dari nomor yang berawalan 0811, kalian jadi ragu apakah satu provider atau tidak.

Lalu bagaimana sebenarnya cara mengecek nomor 0811 ini dari mana? Pertama, kalian harus tahu dulu bagaimana Indonesia membagi kode nomor telepon selulernya, yaitu: 
  • Indonesia menjadi negara yang menggunakan kode +62. 
  • Jika ingin membuat panggilan internasional, maka tulis kode +62, jangan diganti dengan nomor kebiasaan lokal. Jika ingin menelepon/SMS ke luar negeri dengan memakai awalan “0”, maka dipastikan tidak akan tersambung. 
  • Kode +62 ini untuk jaringan lokal/nasional biasa diganti dengan angka 08. Tujuannya jelas, agar kalian lebih muda mengingatnya. Tapi secara resmi memang kode negara Indonesia adalah +62. 
  • Jadi saat kalian mendapatkan telepon dari nomor dengan digit pertamanya “08”, itu artinya berasal dari dalam Indonesia. Ada juga beberapa layanan operator yang tetap menuliskan +62 di layar panggilan masuknya.
Kalau kalian sudah tahu bagaimana dasar kode nomor telepon seluler di Indonesia, kini kita cari kode 0811. Kode 08 berarti nomor tersebut berasal dari dalam negeri. Nah, sebenarnya digit 0811 di awal nomor telepon ini berasal dari provider plat merah Telkomsel. 

Tapi kan biasanya Telkomsel menggunakan kode 082xx? Ternyata beda kartu Telkomsel yang digunakan, beda juga kode nomornya. Hingga kini Telkomsel memang membagi layanannya menjadi beberapa perdana seperti Halo, Simpati, Simpati Loop, dan yang terbaru adalah By.U.

Nah, kalian bisa lihat di bawah ini daftar kode prefix number (nomor awalan) dari berbagai layanan Telkomsel:
  • 0811 untuk Kartu Halo baik yang 10 atau 11 digit. 
  • 0812 untuk Kartu Halo dan Simpati 11-12 digit. 
  • 0813 untuk Kartu Halo dan Simpati 12 digit.
  • 0821 untuk Kartu Simpati 12 digit. 
  • 0822 untuk Kartu Simpati khusus edisi Facebook. 
  • 0823 untuk Kartu As 12 digit. 
  • 0852 untuk Kartu As dengan 12 digit nomor. 
  • 0853 untuk Kartu As 12 digit, 
  • 0851 untuk Kartu As pengganti Telkom Flexi. 
Sudah tahu kan kalau kode 0811xx adalah nomor Kartu Halo? Nah bagi kalian yang belum tahu, Kartu Halo adalah layanan pascabayar dari provider Telkomsel. Jika biasanya kalian menggunakan layanan prabayar dimana kartu baru bisa digunakan setelah diisi pulsa.

Sedangkan kartu pascabayar bisa digunakan lebih dulu, kemudian tagihannya dibayarkan perbulan oleh pelanggan. Banyak pengusaha yang menggunakan layanan pascabayar dari Telkomsel ini. bisa dibilang Kartu Halo merupakan salah satu layanan premium yang disediakan oleh provider BUMN ini untuk pelanggannya. 

Kesimpulan

0811 nomor apa? Ternyata prefix 0811 umum ada di Indonesia yang jadi kode nomor telepon seluler untuk kartu perdana Halo Telkomsel. kalian yang menggunakan provider Telkomsel juga, apapun jenis kartunya, takkan dikenakan biaya panggilan/SMS ke luar operator yang mahal.