Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Awalan 0821 Nomor Operator Kartu Apa Ya?

Sebelum membahas lebih jauh pertanyaan tentang 0821 nomor apa, tahukah kalian bahwa nomor awalan atau yang biasa disebut dengan kode prefix merupakan ciri khas yang dimiiki oleh semua operator seluler yang ada di Indonesia. Contohnya seperti XL, AXIS atau Smartfren.

Tujuan diciptakan nomor tersebut agar pengguna bisa membedakan jenis kartu hanya dengan melihat 4 digit pertama. Namun yang menjadi permasalahan, sampai saat ini banyak yang belum mengetahui daftar lengkap kode dari semua perusahaan telekomunikasi di Indonesia. 

Tak heran jika beberapa orang bingung ketika mendapatkan panggilan dari orang yang tidak dikenal. Ingin telpon balik, khawatir jika ternyata beda operator dan menghabiskan pulsa. Bahkan, beberapa ada yang memilih untuk mengabaikannya dan penasaran apakah panggilan itu penting atau tidak.

0821 Nomor Operator Apa?

0821 provider apa - 0821 itu kartu apa - 0821 nomor daerah mana

Apabila kalian masih belum menghafal nomor awal semua provider yang ada di Indonesia dan membedakan layanannya termasuk 0821, pasti bertanya-tanya ini nomor apa sih? Provider apa?. Maka dari itu mengetahuinya adalah hal yang sangat penting. 

Ternyata kode awalan 0821 adalah kartu Simpati dari Telkomsel. Namun ada juga keluaran Telkomsel lainnya loh, yaitu AS dan Halo dengan awalan yang berbeda pula. Simak beberapa fakta di bawah ini:

1. Terdiri dari 12 Digit

Jika menggunakan nomor dengan awalan 0821, maka kalian akan mendapatkan 12 digit. Contohnya adalah 0821-1234-5678. Jadi tidak perlu khawatir dan bingung ketika ada panggilan dari nomor depan itu.

2. Area Cakupan

Perlu kalian tahu bahwa pihak Telkomsel memang membuat kode yang berurutan. Mulai dari 0821 yaitu Simpati, 0822 Simpati Facebook, 0823 kartu As, 0811, 0812 dan 0813 adalah kartu Halo. Masing-masing mempunyai area cakupannya sendiri. 

Dalam artian, apabila kalian berada di beberapa daerah yang tidak tercover, maka sudah bisa dipastikan sinyal akan ngadat, atau bahkan hilang. Untuk nomor 0821, area cakupannya adalah Jakarta, Bogor, Bandung, Cirebon, Semarang, Purwokerto, Pekalongan, Tegal, Semarang, Yogyakarta, Solo, Surabaya, Cirebon. 

Sedangkan untuk luar pulau Jawa adalah Denpasar, Kupang, Banjarmasin, Palangkaraya, Balikpapan, Samarinda, Banda Aceh, Padang, Batam, Pekanbaru, Palembang, Makassar, Ambon, Merauke, Jayapura dan masih banyak lagi yang lainnya. Kuncinya, apabila perdana tersebut bisa digunakan itu artinya area kalian sudah mendukung.

3. Prabayar atau Pascabayar?

0821 adalah jenis kartu prabayar, yang artinya apabila kalian ingin menggunakannya maka harus isi pulsa di outlet terdekat terlebih dahulu. Jika tidak, maka percuma saja tidak akan bisa digunakan. Apabila ingin menikmati layanan pascabayar, maka harus pindah ke Kartu Halo.

Kesimpulan

Nomor 0821 bisa berubah dengan tambahan +62 di depannya, jadi jangan kaget jika tampilannya menjadi +6281. Karena itu merupakan kode untuk negara yang artinya hanya bisa digunakan ketika berada di Indonesia.

Apabila di luar negeri, maka kalian harus mengaktifkan layanan roaming. Sehingga tidak perlu repot mencari jaringan WiFi gratis atau mengganti nomor dengan operator setempat. Berwisata ke luar negeri bukan menjadi halangan untuk tidak berkomunikasi.

Kalian tidak perlu bingung atau bertanya-tanya lagi 0821 nomor apa dan dimana saja area cakupannya, karena awalan 0821 merupakan nomor kartu simpati dari telkomsel. Simpati juga sangat cocok digunakan di daerah pedesaan loh, karena mengusung prinsip “jaringan luas”, sehingga tetap bisa internetan.