Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Awalan 0852 Nomor Operator Kartu Apa Ya?

Pernahkah kalian menerima panggilan telepon dari nomor yang berawalan 0852? Banyak orang yang bingung apakah nomor tersebut berasal dari provider Indosat ataukah Telkomsel. Lalu sebenarnya 0852 nomor apa? Melalui artikel ini kalian bisa mengecek penyedia layanan sekaligus dari mana kira-kira panggilan/SMS tersebut berasal.

0852 Nomor Operator Apa?

0852 nomor provider apa - 0852 telkomsel atau indosat

Kalian harus paham lebih dulu bahwa 12 digit angka nomor telepon/ponsel itu mengandung kode asal negara dan juga asal daerah pemiliknya. Empat angka pertama biasa disebut dengan prefix. Apa itu prefix? Bisa dibilang prefix adalah kode yang dikeluarkan oleh provider di Indonesia untuk membedakan diri dengan provider lainnya.

Telkomsel menjadi layanan operator seluler di Indonesia yang sudah sejak 26 Mei 1995 berdiri di Indonesia. Telkomsel merupakan provider milik pemerintah dan menjadi sebuah BUMN penting. Karena Telkomsel banyak menjangkau lapisan masyarakat, tak heran jika provider ini punya banyak jenis kartu perdana sesuai kebutuhan.

Misalnya kalian pasti mengenal Kartu Halo yang jadi layanan pascabayar premium. Kemudian untuk layanan prabayaranya ada Simpati, Simpati Loop, dan juga Kartu As. Nah, kode 085 sebenarnya digunakan oleh 2 operator yaitu Telkomsel dan Indosat. Jadi kalian harus melihat angka setelah 085.

Sebenarnya ada 2 format penulisan nomor telepon seluler di Indonesia. Format pertama menggunakan kode +62, sedangkan format kedua menggunakan angka 08. Kode +62 digunakan dalam dunia internasional. Kode ini menjadi tanda identifikasi nomor telepon seluler yang berasal dari Indonesia.

Kemudian masyarakat Indonesia juga terbiasa dengan kode 08 pada awal nomor ponsel mereka. Sebenarnya angka 0 merupakan pengganti dari +62. Tapi kode 08 ini hanya bisa digunakan untuk lingkup lokal saja. Jadi saat kalian ingin menghubungi orang di dalam negeri, gunakan saja kode 08 yang lebih mudah.

Kode prefix 0852 digunakan oleh Telkomsel. Kode ini dipakai pada perdana Kartu As. Kartu perdana jenis ini keluar setelah Simpati pada tahun 2004 lalu. Kartu ini memberikan layanan telepon dan SMS yang waktu itu dibanderol lebih murah dibandingkan Simpati. Sasarannya adalah penduduk menengah ke bawah. Kartu As punya 4 nomor prefix yaitu 0852, 0851, 0823, dan 0853.

Berbekal empat angka paling depan tersebut, kalian juga bisa mengecek dari mana asal orang tersebut. Telkomsel ternyata membagi-bagi kartu perdana yang mereka distribusikan dalam kode yang lebih panjang. Kode ini bisa dilihat dari 6 angka paling depan nomor ponsel seseorang. Nah, inilah asal daerah dari kode 0852:
  • 08520 Jakarta
  • 08521 kemudian diikuti angka 0 sampai 9 berasal dari Jakarta, Bogor, atau Karawang. 
  • 08522 kemudian diikuti angka 0-9 menunjukkan daerah Bandung, Tasikmalaya, Cirebon, Semarang, Pekalongan, Purwokerto, Yogyakarta, dan Solo. 
  • 08523 diikuti oleh angka 0 sampai 9 menunjukkan daerah Surabaya, Malang, Madiun, Jember, Denpasar, dan Mataram. 
  • 08524 diikuti angka 0 sampai 9 berasal dari daerah Manado, Kendari, Makassar, Ambon, Jayapura, Pontianak, Balikpapan, Samarinda, dan Banjarmasin. 
  • 08525 kemudian diikuti angka 0-9 menunjukkan daerah Palangkaraya, Balikpapan, Pontianak, Denpasar, Makassar, Manado, Malang, Madiun, dan Jember. 
  • 08526 diikuti angka 0-9 menunjukkan Kota Banda Aceh, Medan, Padang, Batam, Pekanbaru, Jambi, Palembang, dan Bandarlampung. 
  • 08527 diikuti angka 0-9 menunjukkan asal dari Kota Pekanbaru, Palembang, dan Bandarlampung. 
  • 08528 menunjukkan wilayah Jakarta. 
  • 08529 diikuti angka 0-9 menunjukkan wilayah Semarang, Yogyakarta, Bandung, Pangkalpinang, Medan, Palembang, Manado, dan Makassar. 

Kesimpulan

Kode prefix 0852 nomor apa? Kode ini ternyata berasal dari provider Telkomsel, khususnya digunakan oleh para pemilik layanan perdana Kartu As. Kode 0852 diikuti dengan 2 angka di belakangnya ternyata juga bisa menunjukkan daerah asal pengguna tersebut. Mulai dari wilayah Sumatera, Jawa, Bali, NTB, hingga Sulawesi.