Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Awalan 0855 Nomor Operator Kartu Apa Ya?

Apakah banyak teman-teman kalian yang menggunakan nomor ponsel berawalan 0855? Lalu kalian jadi ingin juga menggunakan nomor dengan kode yang sama. Tapi sebenarnya 0855 nomor apa? Provider apa di Indonesia yang menggunakan kode awalan ini? Kira-kira tarif telepon, SMS, hingga internetnya murah atau mahal ya?

Sebelum membahas lebih jauh mengenai tarif promo yang dikeluarkan oleh nomor berkode 0855, sebaiknya kalian tahu dulu apa arti dari kode tersebut. Kode ini sebenarnya sangat penting untuk mengetahui jenis operator seluler yang digunakan sampai dari wilayah mana nomor tersebut berasal.

0855 Nomor Operator Apa?

0855 nomor provider apa - 0855 kartu perdana apa - nomor 0855 daerah mana

Sampai saat ini kalian pasti akrab dengan nomor ponsel dengan kombinasi angka yang cantik. Ada juga nomor yang terkesan acak sampai sulit dihafalkan. Sudahkah kalian tahu bahwa 12 digit nomor ponsel yang digunakan bukan hanya angka acak saja? 

Banyak sekali nomor telepon seluler di Indonesia yang menggunakan 3 angka pertama 085. Ternyata kode ini dipakai oleh dua provider sekaligus. Jadi saat kalian ingin membeli kartu perdana, pastikan dulu ingin membeli dari provider apa. 

Contohnya jika kalian ingin ikut keluarga untuk menggunakan nomor dengan awalan 0855. Ternyata angka ini lebih dikenal dengan prefix operator seluler. Empat angka tersebut digunakan oleh provider Indosat. Tapi kode ini hanya berasal dari dua jenis layanannya saja. Indosat masih punya beberapa kode lain untuk layanan yang berbeda. 

Kode 0855 atau dalam dunia internasional ditulis dengan format +62855 berasal dari kartu perdana IM3 Ooredoo dan juga Matrix. Ada perbedaan mendasar antara 2 jenis kartu ini yaitu: 

1. Kartu IM3 Ooredoo

Kartu ini dulunya hanya bernama IM3 saja. IM3 sendiri merupakan kepanjangan dari Indosat Multi Media Mobile. Jenis layanan ini mulai berkembang di Indonesia pada tahun 2001. Hingga saat ini Indosat masih mempertahankan layanan dari perdana IM3. Hanya saja namanya sudah berubah jadi Indosat Ooredoo. 

Kartu ini menggunakan kode 0855. Angka prefix ini kemudian diikuti dengan kode wilayah dimana kartu tersebut diedarkan. Perdana jenis IM3 Ooredoo ini termasuk dalam layanan pascabayar dari Indosat. kalian hanya bisa menggunakannya setelah mengisi pulsa. 

Kartu Ooredoo ini juga bisa digunakan di luar negeri dengan sistem roaming internasional. Tapi tentu saja kalian harus membayar tarif telepon, SMS, dan internet yang jauh lebih mahal dibandingkan saat di dalam negeri. Kerabat yang menghubungi pun harus menulis nomor dengan format +62 bukannya 08. 

2. Kartu Matrix

Perdana jenis ini memang tidak setenar IM3 ataupun Ooredoo. Kartu Matrix merupakan jenis layanan pascabayar yang disediakan oleh Indosat. Kartu ini bisa digunakan dengan sistem tagihan bulanan. Jadi kalian bisa menggunakannya tanpa perlu isi pula ke konter atau ATM. 

Kartu Matrix punya jangkauan yang luas, mulai dari Indonesia Barat hingga Timur. Kartu pascabayar ini juga bisa digunakan pada 120 negara di dunia dengan jaringan roamingnya. Ternyata kartu pascabayar ini menawarkan paket yang dinilai lebih murah dibandingkan kartu prabayar. 

Selain kode 0855, provider Indosat juga menggunakan beberapa kode lain. kalian bisa memilih beberapa kode ini jika ingin membeli layanan perdana yang sesuai: 
  • 0856 dan 0857 untuk layanan IM3.
  • Kode 0858 untuk layanan Indosat Mentari. 
  • 0814 untuk layanan Broadband Indosat. 
  • 0815 untuk layanan Kartu Matrix dan Mentari. 
  • 0816 untuk layanan Matrix dan Mentari. 

Kesimpulan

Sudah tahukan, 0855 nomor apa? Ternyata nomor awalan ponsel dengan kode 0855 banyak digunakan di Indonesia dan nomor awalan 0855 ini berasal dari dua layanan Indosat. Pertama dari kartu IM3 Ooredoo yang merupakan layanan prabayar. Kemudian kode 0855 juga digunakan pada layanan pascabayar Indosat Matrix.