Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Awalan 0856 Nomor Operator Kartu Apa Ya?

Pernahkah Anda menerima telepon dari nomor yang belum tersimpan di kontak? Kadang kalian tidak tahu dari provider apa nomor tersebut berasal. Apalagi di Indonesia banyak sekali operator seluler dengan kode yang berbeda. Salah satunya adalah kode 0856. Lalu sebenarnya kode 0856 nomor apa?

Apakah kode ini berasal dari kartu perdana yang sama dengan milik kalian? Soalnya kode 085 di awal nomor ini digunakan oleh 2 operator besar, yaitu Telkomsel dan Indosat. Jika dihubungi kembali, apakah akan menyedot banyak pulsa? Ada, kalian mencari dulu asal kode 0856 ini.

0856 Nomor Operator Apa?

nomor hp 0856 provider apa - 0856 kartu perdana apa

Coba perhatikan lagi nomor yang menghubungi kalian. Biasanya nomor dengan prefix (kode awalan) 0856 hanya punya 11 digit nomor ponsel saja. Berarti nomor tersebut termasuk istimewa. Kode 0856 biasa juga ditulis dengan format kode +62 menjadi +62856. Dua kode ini semuanya berlaku di Indonesia dan sebenarnya sama.

Lalu 0856 nomor apa sebenarnya? Ternyata 0856 adalah kode prefix yang menunjukkan identitas provider Indosat. Provider ini tergolong besar di Indonesia dan punya beberapa layanan kartu perdana. Mulai dari yang jenis pascabayar (dengan metode tagihan bulanan) maupun prabayar (menggunakan sistem isi pulsa/kuota).

Misalnya saja ada layanan Mentari yang paling awal muncul. Kemudian ada layanan prabayarnya bernama Matrix. Dulu pada periode awal tahun 2000an Indosat Mentari dan Simpati jadi 2 operator seluler andalan masyarakat Indonesia. Kemudian muncullah IM3 dan produk yang paling baru adalah Ooredoo.

Kode prefix 0856 ternyata digunakan pada perdana IM3. Pada awal mulanya kode ini hanya hadir di beberapa kota besar di Indonesia. Tapi seiring berjalannya waktu, IM3 hadir lebih luas. Tentu saja kehadirannya ditunjang dengan semakin meluasnya jaringan sinyal dari Indosat di berbagai pelosok negeri.

Sebenarnya Indosat bukan hanya menggunakan satu jenis kode prefix. Lain layanan perdana yang diberikan, ternyata lain pula kode awalan yang digunakan. Berikut ini daftar lengkap kode prefix Indosat dari berbagai kartu berbeda dan juga daerah yang berbeda:
  • Kode prefix 0814 digunakan untuk layanan Indosat M2 (merupakan peleburan dari layanan IM3).
  • Kode prefix 0815 merupakan layanan dari Mentari/Matrix dengan sistem pascabayar. 
  • Kode prefix 0816 juga digunakan pada layanan pascabayar Mentari/Matrix. 
  • Kode prefix 0855 digunakan pada jaringan pascabayar Matrix Indosat. 
  • Kode prefix 0856 digunakan untuk jaringan Indosat M3. 
Kode-kode tersebut kemudian ditambah dengan kode wilayah di belakangnya. Misalnya saja nomor 0856689. Angka 689 di belakang 0865 merupakan kode wilayah untuk Kota Padang, Sumatera Barat. Jika ingin melihat lebih jauh darimana asal nomor yang menghubungi kalian, cari saja kode 7 nomor awal Indosat tersebut di internet.

Banyak orang yang salah mengira jika nomor dengan awalan 0856 berasal dari provider Telkomsel. Pasalnya Telkomsel juga mengeluarkan kode prefix yang mirip yaitu 085. Hanya saja bedanya pada Telkomsel menggunakan kode 0852 dan 0853 untuk produk Kartu As dan 0851 untuk Kartu As pengganti Telkom Flexi.

Kesimpulan

Sudah tahu kan 0856 nomor apa? Banyak orang yang bingung apakah nomor tersebut berasal dari Indosat atau Telkomsel. Ternyata empat angka ini termasuk kode prefix dari provider Indosat. Kartu perdana yang menggunakan nomor ini adalah IM3 yang sekarang sudah berubah nama menjadi Indosat M3 atau M2. Kartu tersebut masuk dalam layanan perdana pascabayar.

Cek Promo Shopee Hari Ini