Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Perbedaan Oppo A7 dan Oppo A5s, Pilih Mana?

Oppo A7 yang diluncurkan pada akhir 2018 digadang-gadang menjadi pembanding Oppo A5s. Hal ini dikarenakan perbedaan Oppo A7 dan A5s memang tidak banyak dan sering kali membuat bimbang. 

Namun, sebenarnya keduanya memiliki beberapa perbedaan yang mencolok, karena memang Oppo A7 memang merupakan versi lawas. 

Meskipun lawas, rupanya kualitas Oppo A7 tak kalah bagus atau bahkan lebih bagus dari versi terbaru. Untuk kalian yang ingin mengetahui perbandingan kedua, simak penjelasannya di bawah ini!

Perbedaan Oppo A7 dan A5s yang Sering Jadi Perbandingan

Oppo a7 vs oppo a5s - perbedaan oppo a5s dengan oppo a7 - apa perbedaan hp oppo a5s dengan oppo a7

1. Tampilan

Tampilan kedua versi ini sekilas memang sama, yakni dilengkapi dengan material glass front (Gorilla Glass 3) serta plastic back and frame.

Namun, berat keduanya berbeda, yakni Oppo A5s lebih besar dengan 170 gram dan Oppo A7 dengan berat hanya 168 gram.

Dimensi keduanya juga berbeda, yakni Oppo A5s memiliki dimensi 155,9 x 75,4 x 8,2 milimeter dan Oppo A7 sedikit lebih kecil dengan dimensi 155,9 x 75,4 x 8,1 milimeter.

Untuk warna, Oppo A7 tersedia dalam warna pink, emas, dan biru. Sedangkan Oppo A5s tersedia dalam warna merah dan hitam saja.

2. Kamera

Meskipun versi lawas, Oppo A7 dinilai lebih unggul dari segi kamera dibandingkan dengan Oppo A5s. Kamera belakang Oppo A7 memiliki kekuatan 16 MP dan kamera depannya berkekuatan 5 MP.

Sedangkan Oppo A5s lebih kecil, yakni kamera belakang dengan kekuatan 13 MP dan kamera depan berkekuatan 8 MP.

Kamera Oppo A5s juga tidak memiliki fitur dual flash seperti yang dimiliki oleh Oppo A7.

3. Memori Internal

Oppo A5s memiliki kapasitas penyimpanan internal sebesar 32 GB. Sedangkan Oppo A7 memiliki kapasitas penyimpanan yang lebih besar, yakni 64 GB.

Hal ini membuat Oppo A7 lebih banyak memuat file di dalam smartphone dan tidak mudah penuh jika diisi banyak aplikasi.

Di samping itu, keduanya memiliki slot memori eksternal microSD yang dapat menampung hingga 256 GB.

4. Performa

Dari segi performa, Oppo A7 dinilai memiliki performa yang lebih baik karena telah dilengkapi dengan RAM sebesar 5 GB.

Selain itu, prosesor yang digunakan adalah Snapdragon 450 yang memiliki kecepatan CPU 1,8 GHz. Dengan kapasitas RAM tersebut akan memudahkan pengguna saat multitasking.

Sedangkan pada Oppo A5s hanya memiliki RAM sebesar 3 GB serta menggunakan prosesor MT6765 Helio P35 dengan kecepatan CPU mencapai 2,3 GHz.

5. Fitur Fast Charging

Salah satu perbedaan Oppo A5s dan A7 lainnya yang menjadi kelemahan Oppo A7 adalah tidak adanya fitur fast charging seperti yang dimiliki Oppo A5s. 

Hal ini menyebabkan pengecasan ponsel Oppo A7 lebih lama dan terkesan membosankan ketika harus menunggu waktu pengisian daya baterai.

Sedangkan Oppo A5s yang telah dilengkapi fitur fast charging akan membuat pengguna lebih cepat melakukan pengecasan, bahkan hanya berkisar 1 jam saja.

6. Harga

Untuk harga, meskipun versi lama Oppo A7 dibandrol dengan harga yang lebih mahal, yakni sekitar Rp3.000.000,- per unitnya.

Sedangkan versi baru Oppo A5s hanya dibandrol dengan harga adalah sekitar Rp2.000.000,- saja per unitnya.

Perbedaan harga ini bisa terjadi karena adanya perbedaan kualitas kamera dan besarnya kapasitas memori masing-masing smartphone.

Kesimpulan

Baik Oppo A7 maupun Oppo A5s memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, dari segi harga hingga performanya.

Untuk kalian yang menginginkan ponsel pintar dengan kapasitas memori dan kekuatan kamera yang besar, maka Oppo A7 adalah pilihan yang tepat untuk dibeli.

Sedangkan jika kalian yang sering menggunakan ponsel untuk beraktivitas, maka Oppo A5s sangat tepat dipilih karena memiliki fitur fast charging.