Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Mengubah Tampilan Facebook Baru ke Lama Untuk PC

Baru-baru ini aplikasi media sosial facebook atau biasa disebut FB menghadirkan tampilan baru untuk versi desktop/PC. Dimana tampilan baru facebook ini sangat jauh berbeda dari tampilan facebook sebelumnya (klasik).

Tampilan baru facebook ini memang bagus dan kekinian, tetapi untuk sebagian orang yang sudah terbiasa dengan tampilan versi klasik tentu akan merasa tidak nyaman dalam menggunakannya.

Selain itu, kabarnya tampilan versi lama (klasik) tidak akan tersedia lagi mulai september 2020 sehingga pengguna facebook otomatis akan menggunakan tampilan versi terbaru.

Tapi tenang saja, bagi yang masih ingin menggunakan facebook dengan tampilan versi lama atau klasik tentu masih bisa. Hanya saja, cara ini terbatas untuk beberapa browser seperti google chrome dan mozilla firefox. Karena kita akan minta bantuan add-ons "old layout for facebook", nah add-ons tersebut hanya ada di beberapa browser yang populer saja.

Cara Mengubah Tampilan Facebook Baru ke Lama Khusus PC

Cara Mengubah Tampilan Facebook Baru Ke Klasik untuk pc atau komputer

Sebelum kita mengubah tampilan facebook, pastikan dulu telah login facebook pada komputer kalian masing-masing. Berikutnya, cek browser yang kalian gunakan. Karena tutorial yang akan kita bahas hanya untuk beberapa browser seperti google chrome dan mozilla firefox saja.

Cara Mengubah Tampilan Facebook Baru ke Lama di Google Chrome

Pertama, karena kita telah login pada FB maka langsung saja pergi ke halaman add-ons "old layout for facebook". Untuk browser google chrome bisa klik link dibawah ini.
https://chrome.google.com/webstore/detail/old-layout-for-facebook/abmkkackbbimmdbfjdilpnfaegaeagge?hl=en

Kedua, install add-ons tersebut dengan klik “Add to Chrome”, lalu tunggu.

Ketiga, setelah selesai install, kalian bisa pilih opsi “Old Layout” atau "New Layout" pada browser kalian di pojok kanan atas. Umumnya, pilihan otomatis sudah tercentang "Old Layout". Artinya, tampilan FB sudah menggunakan tampilan versi sebelumnya yaitu versi klasik.

Tetapi, jika kalian ingin mengubah tampilan FB ke versi baru langsung saja pilih opsi "New Layout". Mudah bukan?

Cara Mengubah Tampilan Facebook Baru ke Lama di Mozilla Firefox

Pertama, sama seperti yang kita lakukan pada cara menggunakan browser google chrome yaitu pastikan FB kita telah login pada komputer masing-masing. Setelah itu, pergi ke halaman add-ons  "old layout for facebook". Untuk browser mozilla firefox bisa klik link dibawah ini.
https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/addon/old-layout-for-facebook/ 
Kedua, install add-ons tersebut dengan klik “Add to Firefox”, lalu tunggu.

Ketiga, setelah selesai install, kalian bisa pilih opsi “Old Layout” untuk mengganti tampilan facebook ke versi lama atau klasik. Tetapi, biasanya opsi tersebut sudah terpilih otomatis. Sedangkan, bila ingin kembali ke tampilan FB yang baru, pilih saja opsi "New Layout".
Catatan : Terkadang add-ons diatas tidak bekerja karena adanya update facebook versi terbaru webnya.

Tetapi, bila masalah masih belum teratasi, sebagai alternatif kalian bisa install add-ons serupa di browser kalian "Switch Back to the Classic Design". Khusus google chrome bisa klik link dibawah ini.

https://chrome.google.com/webstore/detail/switch-to-classic-design/oancckmjgaoejmbedngcoiakblhacbog/related

Install dan pin extension lalu pilih opsi " Classic design (Fix 2 - most pages except HOME work in classic)" pada add-ons dimenu . Kekurangannya yaitu khusus halaman "Home" atau " "Beranda" masih menggunakan tampilan facebook baru. 

Perlu diketahui juga, plugin alternatif ini terkadang juga sering mengalami error ketika facebook mengupdate tampilan webnya ke versi yang lebih baru, yaitu mengalihkan halaman facebook ke halaman facebook lainnya (https://about.fb.com/).

Jadi, bagaimana jika cara diatas tidak berhasil? Ya, mau tidak mau kita harus beradaptasi dengan tampilan baru meskipun berat.

Akhir Kata

Baiklah, cara diatas adalah cara terbaru untuk merubah tampilan facebook baru ke versi lama. Bagaimana menurut kalian, mudah bukan? Sebelumnya, selain bisa menggunakan cara di atas, kalian bisa langsung ubah tampilan secara langsung lewat facebook tanpa bantuan add-ons "old layout for facebook" yaitu dengan cara memilih opsi "Switch To New Facebook". Tetapi, fitur ini sudah dihilangkan oleh facebook. 

Demikianlah, tutorial singkat untuk mengubah tampilan facebook baru ke versi lama khusus desktop/PC. Semoga tutorial ini bermanfaat.