Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Perbedaan Vivo Y30 dan Vivo Y30i, Mana yang Lebih Unggul?

Vivo baru-baru ini mengeluarkan versi ponsel pintar yang terbaru, yakni Vivo Y30 dan Y30i. Meskipun keduanya nampak sama, rupanya ada beberapa perbedaan Vivo Y30 dan Y30i yang perlu diketahui.

Meskipun versi baru, harga keduanya masih bisa dikatakan sebagai harga kelas menengah. Dengan begitu, tidak membutuhkan banyak biaya untuk mendapatkan varian baru smartphone Vivo ini.

Untuk kalian yang ingin membeli versi terbaru ini pasti sedikit bingung akan membeli yang mana. Pastinya, ingin tahu perbedaan atau perbandingannya kan? Untuk itu, ulasan di bawah ini mungkin bisa membantu kalian menemukan pilihan versi yang tepat.

Perbedaan Vivo Y30 dan Y30i yang Perlu Dicermati

beda vivo y30 dan y30i - apa beda vivo y30 dan y30i - apa perbedaan vivo y30 dan y30i

Kedua ponsel pintar kelas menengah ini memang sama-sama mengusung desain bezelless dengan punch hole, yakni adanya lubang yang terletak di sudut kiri atas layar. 

Lubang tersebut merupakan tempat melekatnya kamera depan yang digunakan untuk selfie atau disebut Vivo dengan istilah Ultra O Screen. 

Untuk bagian kamera belakang, keduanya juga sama-sama mengusung susunan kamera vertikal yang akan membuat hasil jepretan menjadi lebih menawan.

Desain keduanya memang sepintas terlihat sama, tetapi ada beberapa perbedaan lain yang ada pada keduanya. Apa saja bedanya vivo y30 dan y30i? Di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Kamera

Dari segi kamera, perbedaan keduanya terletak pada jumlah kamera belakang dan kekuatannya. 

Jumlah kamera belakang yang menyusun Vivo Y30 ada 4 buah kamera berkekuatan 13 MP berlensa aperture f/2.2 serta fitur phase-detection autofokus.

Untuk kamera kedua, Vivo Y30 memiliki kamera kedua dengan kekuatan 8 MP yang dilengkapi dengan lensa ultra-wide 13 mm aperture f/2.2. 

Kamera ketiga dan keempat memiliki kekuatan sebesar 2 MP dilengkapi lensa f/2.4.

Kedua kamera tersebut dapat menghasilkan foto bokeh layaknya pada kamera DSLR dengan fungsi super macro serta depth sensor yang dimilikinya.

Pada Vivo Y30i, kamera belakang hanya berjumlah 3 buah saja, yakni kamera utama dengan lensa aperture f/2.2 serta kamera kedua dan ketiga yang berlensa f/2.4.

Kekuatan kamera utama pada Vivo Y30i adalah 13 MP yang didukung dengan kemampuan phase-detection autofokus serta LED flash. 

Sedangkan kekuatan dua kamera lainnya berkekuatan 2 MP yang bisa menghasilkan foto bokeh dengan super macro dan depth sensor pada lensa kameranya.

2. Kapasitas Memori 

Yang tak kalah pentingnya untuk kalian perhatikan adalah kedua smartphone Vivo ini memiliki kapasitas penyimpanan yang berbeda. 

Untuk kapasitas memorinya, Vivo Y30 lebih unggul karena dibekali dengan memori sebesar 128 GB. Sedangkan Vivo Y30i hanya setengahnya, yakni 64 GB saja. 

Meskipun begitu, keduanya sama-sama memiliki slot micro SD yang bisa digunakan untuk menambahkan memori eksternal.

3. Pilihan Warna

Tampilan Vivo Y30 dan Vivo Y30i memang memiliki tampilan dan ukuran smartphone yang sama, yakni berdimensi 162 x 76.5 x 9.1 mm dengan bobot 197 gram.

Namun, warna yang tersedia untuk masing-masing versi smartphone berbeda. Vivo Y30 tersedia dalam warna moonstone white dan emerald black. 

Sedangkan Vivo Y30i tersedia dalam warna moonstone white dan dazzle blue.

4. Harga

Karena memiliki kapasitas memori yang berbeda, tentu harga Vivo Y30 dan Vivo Y30i berbeda, namun perbedaan Vivo Y30 dan Y30i dari segi harga tidak banyak. 

Untuk harga Vivo Y30 di pasaran sekitar Rp2.500.000,-, sedangkan Vivo Y30 memiliki harga sedikit lebih mahal yakni Rp2.800.000,-.

Kesimpulan

Smartphone Vivo Y30 cocok kalian beli jika menghendaki kapasitas memori yang lebih besar. Sedangkan jika tidak punya cukup uang, kalian bisa membeli Vivo Y30i.

Secara kualitas memang lebih unggul Vivo Y30, namun tentu harganya juga lebih mahal. Jadi, pilihan kalian jatuh pada type yang mana, nih?

Cek Promo Shopee Hari Ini