Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

7 Cara Cek IMEI iPhone Asli, Sudah Terdaftar atau Belum

Seperti diketahui, bahwa produk iPhone palsu dan replika saat ini semakin banyak beredar di pasaran. Salah satu cara untuk mengetahui apakah produk tersebut asli atau palsu adalah dengan cara cek IMEI iPhone. Dengan begitu, maka tidak perlu khawatir akan mendapat barang palsu.

iPhone merupakan perangkat seluler populer yang masuk dalam jajaran ponsel papan atas. Selain menawarkan desain kekinian, produk ponsel Apple ini juga dilengkapi berbagai fitur paling up to date. Tidak mengherankan kalau begitu digemari oleh masyarakat. Meskipun begitu, saat hendak membeli iPhone sebaiknya kalian berhati-hati, dan usahakan sudah tahu bagaimana cara mengecek IMEI.

Apa Itu IMEI?

IMEI merupakan singkatan dari International Mobile Equipment Identity yang berarti identitas peralatan selular internasional. IMEI umumnya berupa nomor unik yang digunakan untuk melakukan identifikasi terhadap ponsel 3GPP dan iDEN, serta beberapa telepon satelit.

Pada ponsel iPhone besutan brand Apple misalnya, nomor seri dapat ditemukan di beberapa tempat, seperti perangkat fisik, sistem pengaturan, box kemasan asli, Finder/iTunes, hingga mengecek melalui dial call dan browser dengan cara mengakses situs resminya.

Pada ponsel yang mengusung jaringan GSM, IMEI dapat dipakai untuk mengidentifikasi perangkat ponsel yang valid, serta bisa mengakses jaringan ponsel yang hilang atau dicuri. Jadi, jika ponsel dicuri, maka pemilik dapat meminta operator memblokir ponsel dengan menggunakan IMEI.

Hal ini akan membuat ponsel kehilangan akses terhadap jaringan, bahkan meskipun pencuri sudah mengubah SIM Card ponsel. Meskipun begitu, perangkat tanpa slot kartu SIM umumnya tidak mempunyai nomor IMEI. Sehingga sulit ditemukan ketika dicuri oknum nakal.

Struktur IMEI & IMEISV (Versi Software IMEI)

IMEI terdiri atas 15 digit desimal: 14 digit cek) atau IMEISV (16 digit desimal: 14 digit ditambah 2 digit versi software) mencakup informasi mengenai nomor seri, model, dan asal perangkat. Struktur IMEI & IMEISV ditentukan dalam 3GPP TS 23.003. Sementara 8 digit awal merupakan model dan asal kode alokasi. Sedangkan sisa nomornya ditentukan produsen dengan digit rumus Luhn di bagian akhir.

Fungsi IMEI

Sebelum membahas lebih jauh tentang cara cek IMEI iPhone, sebaiknya ketahui apa fungsi dari IMEI tersebut, di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Mengidentifikasi Perangkat Seluler

IMEI bisa dikatakan sebagai identitas resmi yang dimiliki sebuah ponsel. Dengan IMEI, maka pemilik ponsel dapat mengecek berbagai informasi seperti, asal negara, nomor model, dan dari pabrik mana ponsel tersebut dibuat. Jadi, fungsi IMEI memang sangat kompleks sekali.

  • Mencegah Pencurian

Apabila perangkat seluler bisa dikenali secara universal, maka pencuri tidak dapat menggunakan ponsel tersebut. Nomor IMEI dibuat secara hardcode dalam hardware, sehingga sangat kecil kemungkinannya bisa diubah tanpa merusak perangkat.

Di samping itu, jika pemilik melapor kepada operator bahwa ponselnya dicuri, maka pihak operator bisa memblokir semua akses jaringan dengan memasukkan nomor IMEI, dan memberitahu jaringan seluler lain untuk melakukan hal serupa.

7 Cara Mudah Cek IMEI iPhone Resmi

Cara Cek IMEI iPhone Asli, Sudah Terdaftar atau Belum

1. Cek IMEI di Kemasan/Dus Perangkat

Ketika membeli ponsel baru, pasti kalian akan menerimanya dalam kondisi terbungkus dan bersegel. Salah satu cara mengecek IMEI iPhone, yaitu dengan melihat bagian belakang dus kemasan. Kalian akan melihat ada beberapa nomor seperti IMEI, SN, dan SKU di sana.

2. Cek IMEI di Perangkat Fisik

Cara gampang memeriksa IMEI iPhone lainnya adalah dengan melihatnya di bagian fisik ponsel. Namun, kalian harus membuka casing belakang terlebih dahulu kemudian lepaskan baterai. Umumnya terdapat nomor IMEI di area sekitar slot SIM card.

3. Cek IMEI di Slot SIM Card

Pada beberapa tipe iPhone nomor IMEI juga tertulis di rangka slot kartu SIM. Tepatnya pada sisi atas, kalian bisa mencari tulisan kecil di sana. Hanya saja, iPhone tipe tertentu yang mencantumkan IMEI di rangka slot, jadi kalian tidak perlu cemas kalau tidak menemukannya. 

4. Cek IMEI di Sistem Pengaturan

  • Masuk ke menu “Settings
  • Buka “General
  • Tap “About
  • Cari IMEI iPhone yang digunakan

5. Cek IMEI Melalui Kode Dial

  • Masuk ke menu “Telepon
  • Tekan kode #06# pada keypad
  • Tap “Dial
  • Nomor IMEI perangkat akan ditampilkan secara otomatis

6. Cek IMEI Melalui iTunes

Selain berfungsi mengisi musik ke iPhone. Perangkat lunak besutan Apple ini juga bisa digunakan untuk mengecek nomor IMEI iPhone. Langkah-langkahnya sangat mudah, kalian tinggal menyambungkan iPhone ke perangkat komputer yang telah diinstal iTunes.

Apabila berhasil tersambung, tinggal klik “Library” di iTunes. Secara otomatis data iPhone akan ditampilkan pada layar, termasuk juga nomor IMEI.

7. Cek IMEI via Situs Resmi Apple

Mengecek nomor IMEI juga bisa dilakukan secara online melalui situs resmi appleid.apple.com.

  • Buka browser di perangkat PC/Laptop
  • Log in menggunakan ID Apple iPhone
  • Scroll down untuk melihat berapa nomor IMEI/MEID
  • Pilih perangkat

Bisakah Pemerintah Melacak Seseorang Menggunakan Nomor IMEI?

Mungkin beberapa di antara kalian ada yang bertanya-tanya apakah pemerintah bisa melacak seseorang dengan berbekal nomor IMEI? Jawabannya adalah YA! Jadi, nomor IMEI bukan hanya sebagai bentuk legalitas bahwa kalian menggunakan ponsel resmi yang diakui legal saja.

Namun nomor IMEI yang terdaftar juga akan membantu pihak pemerintah saat menangani masalah harus menemukan seseorang. Hal tersebut pula yang menjadi alasan kenapa ponsel black market dilarang untuk digunakan di Indonesia. Selain karena diselundupkan secara tidak resmi, dan tidak membayar bea cukai, alasan lainnya adalah karena ponsel tidak akan terlacak.

Apakah Setiap Ponsel Memiliki Nomor IMEI?

Berdasarkan aturan pemerintah yang melarang penggunaan ponsel black market di Indonesia, sudah pasti setiap ponsel yang masuk secara resmi akan memiliki nomor IMEI. Misalnya saja membeli sebuah iPhone, kalian harus benar-benar memastikan kalau produk yang dibeli adalah legal.

Sedangkan salah satu cara untuk mengetahui legal atau ilegal suatu produk ponsel pintar adalah melalui IMEI. Kalau nomor IMEI terdaftar, artinya produk tersebut resmi. Sementara itu, cara untuk mengecek nomor seri dari ponsel besutan brand Apple sudah dijelaskan secara gamblang di atas.

Jadi, sebelum membeli ponsel di toko perhatikan terlebih dahulu nomor IMEI yang tertera. Kalau tidak mau rugi, maka bisa mengecek IMEI yang ada di box iPhone sebelum membuka segel. Dengan begitu, kalian tidak memiliki kewajiban membayar karena ponsel belum dibuka sama sekali.

Pada kardus produk iPhone resmi, biasanya nomor IMEI tercantum di bagian barcode. Kalian bisa langsung mengeceknya melalui website imei.kemenperin.go.id. Kalau hasilnya ponsel resmi terdaftar di database Kemenperin, maka kalian tidak perlu berpikir dua kali kalau ingin membelinya.

Akhir Kata

Mengetahui cara cek IMEI iPhone akan membantu kalian untuk menemukan produk legal yang terdaftar di Kemenperin. Apalagi, saat ini banyak sekali beredar ponsel iPhone black market. Di samping itu, apabila kalian mengalami hal tidak menyenangkan seperti kecurian atau kehilangan iPhone, maka akan lebih mudah mengamankan ponsel dengan cara memblokir IMEI.

Cek Promo Shopee Hari Ini