Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Uninstall Adobe Creative Cloud di Komputer atau Laptop

Ketika sudah tidak menggunakan berbagai produk Adobe, seseorang perlu memahami cara uninstall Adobe Creative Cloud. Hal ini karena aplikasi penyimpanan berbasis cloud ini tidak ikut terhapus secara otomatis. 

Sesuai dengan namanya, Adobe Creative Cloud merupakan aplikasi untuk menyimpan file yang didesain melalui aplikasi Adobe CS. Jika sudah tidak digunakan, sebaiknya uninstall aplikasi ini agar tidak membebani RAM komputer PC/laptop. 

Cara Uninstall Adobe Creative Cloud 100% Berhasil (Windows & macOS)

tidak dapat menghapus adobe creative cloud pada komputer - could not uninstall adobe creative cloud for desktop

Adobe Creative Cloud yang jarang atau tidak ingin digunakan memang lebih baik di-uninstall. Dengan demikian, kapasitas penyimpanan di laptop akan lebih lega. Cara menghapus aplikasi ini sebenarnya tidak sulit. Berikut beberapa cara mudah dan ampuh yang bisa dilakukan:

1. Menggunakan Adobe Creative Cloud Uninstaller

Cara ini mengharuskan kalian menginstall aplikasi pihak ketiga, yaitu Adobe Creative Cloud Uninstaller. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini memang dibuat khusus untuk menghapus Adobe Creative Cloud. Berikut langkahnya:

  • Download aplikasi Adobe Creative Cloud Uninstaller sesuai spesifikasi komputer PC/laptop. Bagi pengguna OS Windows maupun pengguna macOS bisa download filenya dihalaman di sini (sesuaikan OS yang kalian gunakan). 
  • Tunggu sampai proses download selesai, lalu lakukan proses instalasi seperti pada aplikasi umumnya. 
  • Buka aplikasi tersebut, lalu buka file bernama Uninstall the Creative Cloud desktop app
  • Ikuti instruksi yang diberikan aplikasi tersebut. 
  • Klik Uninstall, tunggu sampai proses ini selesai. 
  • Selesai, Adobe Creative Cloud sudah berhasil terhapus di komputer PC/laptop. 

Cara ini cukup mudah dilakukan, meski harus mendownload aplikasi pihak ketiga. Adobe Creative Uninstaller memang dirancang khusus untuk menghapus aplikasi yang masih terkait dengan Adobe. 

2. Menggunakan Task Manager

Cara ini bisa dipilih jika tidak ingin mendownload aplikasi pihak ketiga. Menghapus aplikasi yang tidak digunakan lagi memang diperlukan. Terlebih jika kapasitas RAM komputer PC/laptop memang terbatas. Pada setiap laptop tentu terdapat menu task manager di dalamnya. 

Menu ini bisa digunakan untuk uninstall aplikasi yang tidak dibutuhkan, termasuk ketika pengguna ingin menghapus Adobe Creative Cloud. Berikut merupakan langkah-langkah menggunakan menu task manager untuk uninstall aplikasi Adobe Creative Cloud:

  • Pastikan semua program yang berjalan menggunakan aplikasi Adobe sudah tertutup. 
  • Tekan shortcut untuk membuka Windows Task Manager, yaitu Ctrl+Alt+Del pada keyboard. 
  • Buka menu Control Panel, lalu Uninstall a Program
  • Cari dan pilih Adobe Creative Cloud, klik Uninstall
  • Selesai. 

Cara ini termasuk banyak dipilih karena kemudahannya. Apabila Adobe Creative Cloud belum terhapus sepenuhnya, sebaiknya menggunakan aplikasi pihak ketiga saja.

Akhir Kata

Beberapa cara uninstall Adobe Creative Cloud di atas bisa dicoba sesuai kebutuhan. Pilihlah cara yang paling mudah agar tidak ada sisa sampah dari file Adobe. Dengan demikian, kapasitas RAM di komputer PC/laptop akan sedikit lebih luas.