Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Review Xiaomi Poco M3, Harga dan Spesifikasi

Setelah melewati berbagai isu, akhirnya Xiaomi merilis smartphone sub-brand terbarunya bernama Poco M3. Sebelumnya, Mi fans memang dibuat kagum dengan seri Poco X3 NFC. Lalu, bagaimana dengan harga dan spesifikasi Poco M3, apakah sama bagusnya?

Sudah bukan rahasia umum jika Xiaomi berani merilis ponsel spek tinggi dengan harga terjangkau. Poco M3 menawarkan baterai kapasitas besar, chipset yang mumpuni, dan triple kamera beresolusi besar. Kabarnya, harganya juga terjangkau seperti seri Poco lainnya. 

Harga Xiaomi Poco M3

Smartphone ini hadir dengan dua varian yang terdiri dari kapasitas memori internal 64 GB dan 128 GB. Adapun perkiraan harga Poco M3 saat resmi hadir di Indonesia adalah sebagai berikut:

  • Poco M3 4/64 GB seharga US$129 atau sekitar Rp1,82 juta
  • Poco M3 4/128 GB seharga US$149 atau sekitar Rp2,1 juta

Untuk harga yang ditawarkan memang lebih murah dibanding Poco X3 yang dibanderol Rp 3 jutaan. Meski banyak fitur yang di-cut,  harga dan spesifikasi Poco M3 akan tetap menjadi incaran. 

Spesifikasi Xiaomi Poco M3

Sebagai ponsel mid-end dari sub-brand Xiaomi, Poco M3 ditenagai dengan chipset Qualcomm Snapdragon 662 Octa-CoRE 2 GHz. Komponen ini dikombinasikan dengan kapasitas RAM 4 GB. Jadi, aktivitas bermain game bisa dilakukan sambil multitasking tanpa takut nge-lag. 

Banyak yang membandingkan harga dan spesifikasi Poco M3 dengan pendahulunya, yaitu Poco X3 NFC. Meski tidak semua fitur pendahulunya dimiliki Poco M3, nyatanya ponsel ini tetap menyita perhatian. Terlebih spek yang ditawarkan sudah lumayan gahar dengan harga yang terjangkau. 

  • Layar: IPS 6,53 inci Full HD+ (2340x1080 piksel), Corning Gorilla Glass 3
  • Chipset: Qualcomm Snapdragon 662
  • RAM: 4 GB
  • Memori Internal: 64 GB/128 GB
  • Kamera Utama: 48 MP + makro 2 MP + kedalaman 2 MP
  • Kamera Depan: 8 MP

Fitur:

  • Fingerprint
  • Bluetooth 5.0
  • Wi-Fi
  • Akselerometer
  • IR Blaster

Review Xiaomi Poco M3

Gambar hp xiaomi poco m3 - review xiaomi poco m3, harga dan spesifikasi

1. Baterai

Kapasitas baterai Poco M3 memang luar biasa. Dibekali baterai badak 6.000 mAh, ponsel ini akan menemani penggunanya melakukan berbagai aktivitas. Xiaomi sendiri mengklaim daya tahan baterai ponsel ini benar-benar memukau untuk multimedia. 

Dalam kondisi penuh, baterai bisa tahan 17 jam untuk memutar video, 196 jam memainkan musik, 40 jam untuk menelepon, dan dalam keadaan standby selama 583 jam. Selain itu, ponsel ini juga dibekali fitur fast charging sebesar 18 W.

Tidak butuh lama untuk mengisi daya baterai berkapasitas besar tersebut. Menariknya, Poco M3 juga memiliki fitur reverse charging yang artinya ponsel ini bisa digunakan sebagai power bank. Kapasitas baterai yang besar tersebut tentu bisa sangat mumpuni untuk beragam aktivitas. 

Tidak hanya kuat bermain game berlama-lama, baterai 6.000 mAh tentu sanggup melakukan aktivitas multimedia. Terlebih pengguna memiliki mobilitas yang tinggi, tentunya baterai kapasitas besar akan sangat membantu. 

2. Kamera 

Poco M3 dibekali kamera utama yang mumpuni untuk mengambil gambar. Resolusi kamera 48 MP tentu sudah dapat memberikan hasil jepretan yang memukau. Tidak sedikit ponsel masa kini yang dibekali resolusi kamera yang besar. 

Sementara itu, kamera makro bisa digunakan untuk menangkap objek dari jarak dekat. Pengguna bisa mengkombinasikan kamera utama dan depth untuk menghasilkan foto bernilai estetik. Hasil foto berupa potrait dengan efek bokeh yang menakjubkan.

Kamera makro Poco M3 memang kurang mumpuni karena hanya beresolusi 2 MP. Hasil objek makro tidak terlalu bagus saat akan di print. Namun, hal tersebut masih bisa ditoleransi karena hasil gambar kamera makro masih terlihat bagus jika hanya di upload di sosmed. 

Poco M3 mampu memenuhi kecintaan pengguna terhadap fotografi smartphone. Meski kamera makro memang tidak terlalu bisa diandalkan, kamera utama bisa menjadi pilihan. Kamera ponsel ini cukup mumpuni di berbagai kondisi cahaya, bahkan untuk  cahaya yang minim sekalipun. 

3. Layar

Layar ponsel mid-end ini memiliki lebar 6,53 inci dengan resolusi full HD+. Layar ini dibekali teknologi IPS LCD yang mampu menampilkan gambar dan beragam konten lebih memukau. Corning Gorilla Glass 3 menambah keunggulan layar Poco M3 agar terhindar dari goresan.

Selain itu, ponsel ini juga memiliki layar dengan poni tetesan air, sehingga pengguna akan lebih leluasa menonton video. Resolusi layar ini juga dapat memberikan sensasi bermain game yang menyenangkan. 

Menariknya, layar juga sudah dilengkapi teknologi sunlight mode. Jadi, konten pada layar masih terlihat jelas, walaupun ponsel berada di bawah terik matahari. Pada bagian poni layar juga menjadi tempat kamera depan beresolusi 8 MP. 

Tentunya, kamera tersebut sudah cukup mumpuni untuk menghasilkan swafoto yang bagus. Hampir mirip dengan ponsel mid-end lainnya, Poco M3 dilengkapi fitur keamanan fingerprint sensor di samping dan face unlock. Jadi, pengguna tidak perlu meragukan sistem keamanan ponsel ini. 

Ponsel ini juga dibekali fitur lainnya yang juga ditemukan pada ponsel masa kini ,seperti  Wi-Fi, Bluetooth, dan Android 10 (MIUI 12 for Poco). Tampilan MIUI 12 untuk ponsel ini memang salah satu yang ditunggu-tunggu bagi Mi Fans. 

Perbandingan dengan Xiaomi Poco X3 NFC

Poco X3 NFC lebih hadir dibanding seri sub-brand Xiaomi Poco M3. Perbedaannya bisa dilihat pada ukuran layar yang resolusinya menurun. Poco X3 NFC mengusung layar super lebar dengan 6,67 inci (2400 x 1080 piksel).

Namun, Poco M3 sudah cukup memiliki layar yang luas dengan 6,53 inci (2340 x 1080 piksel). Kemampuan pengambilan sampel sentuhan hingga 240 Hz dan penyegaran tampilan 120 Hz juga tidak ditemui di Poco M3. 

Layar yang digunakan juga bukan berupa Corning Gorilla Glass 5 seperti Poco X3 NFC. Dari segi fotografi, Poco M3 memiliki perbedaan yang cukup mendasar dibanding pendahulunya tersebut. Namun, hal ini cukup wajar mengingat perbedaan harga yang ditawarkan. 

Resolusi kamera cenderung menurun dari Poco X3 NFC yang diusung kamera kuartet 64 MP + sudut lebar 13 MP + Makro 2 MP + depth 2 MP dan kamera depan 20 MP. Harga yang lebih murah ini juga membuat fitur menarik seperti NFC, giroskop, dan tahan debu menjadi absen. 

Sebelumnya, layar anti air dan debu dimiliki seri Poco X3 NFC. Namun, hal ini berbanding terbalik dengan kapasitas baterai yang ditawarkan. Poco M3 menawarkan kapasitas baterai super badak hingga 6.000 mAH dibanding Poco X3 NFC yang lebih kecil 5.160 mAH. 

Namun untuk fitur fast charging, Poco M3 masih kalah dengan pendahulunya yang mendukung pengisian cepat hingga 33 W. 

Akhir Kata

Spek yang ditawarkan Poco M3 memang bisa menjadi incaran baru bagi pecinta ponsel mid-end di tanah air. Dengan harga mulai dari Rp 1,8 juta, spek yang diusung seri Poco ini bisa menjadi pesaing yang kuat dibanding kompetitornya. 

Namun, memang banyak kelebihan dari Poco X3 NFC yang tidak dimasukkan ke dalam Poco M3. Kelebihan utama seri terbaru ini adalah pada kapasitas baterai. Jadi, bagaimana? Pasti kalian sangat tertarik dengan ponsel gahar tapi harganya ramah di kantong ini, bukan?

Cek Promo Shopee Hari Ini