Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Install Font Baru di Komputer Windows 10

Cara Install Font Windows 10 - Dalam default Windows 10 atau versi lainnya seperti 7, 8, dan xp pada komputer/laptop telah disediakan banyak sekali jenis font sebagai contoh Arial, Calibri, Times New Roman, dan sebagainya.

Tetapi terkadang untuk kebutuhan typography, font yang sudah ada dirasa masih kurang. Misalnya, kalian ingin menambahkan tulisan unik tertentu di software seperti adobe illustrator, photoshop,microsoft word, atau powerpoint. 

Daripada membuat manual dari awal, kalian bisa mengatasi masalah tersebut dengan menambahkan atau menginstall font baru pada komputer/laptop yang dipakai.

Apa Saja Tipe File Font yang Bisa Diinstall di Komputer?

Perlu diketahui, ada banyak sekali tipe file font yang dapat diinstall pada komputer. Tetapi, file tipe font yang direkomendasikan untuk diinstall pada komputer/laptop dengan OS (Operating System) mac maupun windows yaitu TTF (TrueType Font) dan OTF (OpenType Font). 

Cara Install Font Baru di Windows 10

Cara install font di win 10

Cara memasang atau menginstall font pada windows 10 di bawah ini sebenarnya bisa juga dilakukan di windows versi lain. Secara sederhana berikut caranya.

  1. Download font yang ingin ditambahkan atau pasang pada komputer. Kalian bisa download di tempat download font terlebih dahulu seperti google font atau dafont.
  2. Buka file ZIP atau RAR dari font, lalu mengekstrak isi filenya dengan cara klik kanan pada file kemudian pilih “extract to nama file\”.
  3. Buka folder font yang ingin diinstall lalu klik kanan pada file font. Bisanya file tipenya OTF atau TTF, lalu klik kanan dan pilih “Install”.
  4. Tunggu beberapa saat dan setelah proses install selesai, maka font tersebut sudah bisa dipakai.

Sebagai catatan, sebelum mendownload font tertentu untuk diinstall di komputer. Pastikan bahwa lisensi font tersebut gratis untuk digunakan. Untuk download di google font mungkin tidak masalah, karena lisensinya memang gratis digunakan untuk pribadi maupun komersial (kebutuhan bisnis).

Berbeda dengan tempat download lainnya seperti dafont. Disana terdapat font dengan berbagai lisensi seperti “Free for personal use”, “Donationware”, “100% Free”, dan lain sebagainya. Bila kalian ingin menggunakan font untuk berbagai keperluan maka bisa mencari font dengan lisensi “100% Free”. Kalian bisa gunakan filter pencarian font yang disediakan oleh dafont. 

Karena jika menggunakan font yang bukan berlisensi “100% Free” untuk keperluan bisnis atau menghasilkan uang, contoh saja membuka jasa desain. Maka kalian bisa dikenakan denda yang sangat mahal, bisa sampai 10 kali lipat dari harga asli fontnya bahkan lebih. 

Tetapi, jika ragu tentang lisensi font yang ada. Kalian bisa bertaya langsung kepada author atau pembuat font tersebut melalui kontak yang tersedia.

Bagaimana Cara Install Font Banyak Sekaligus?

Tidak jauh berbeda dengan install font satuan. Untuk menginstall font dalam jumlah banyak sekaligus pada komputer win 10 atau versi lainnya, bisa ikuti caranya sebagai berikut.

  1. Kumpulan font yang telah didownload dalam satu folder, bisa file TTF atau OTF.
  2. Blok semua font atau bisa klik tombol “CTRL+A”.
  3. Klik kanan, lalu pilih opsi “Install”.
  4. Tunggu beberapa saat, kemudian setelah proses berakhir maka font sudah terpasang pada komputer dan bisa digunakan pada software seperti photoshop, coreldraw, dan lain-lainya. 

Cara install font langsung banyak ini, sangat menghemat waktu. Sehingga, kalian tidak perlu install font satu-satu.

Font Bermasalah Setelah di Install

Masalah yang muncul saat font digunakan di beberapa software pengolah kata seperti microsoft word, wordpad, WPS office, dan lain-lainnya yaitu tulisan font renggang-renggang. Biasanya masalah ini disebabkan karena pengaturan spacing pada software pengolah kata tersebut. 

Sebagai contoh, untuk mengatasi masalah tersebut untuk software MS word kalian bisa atur di menu “Font” atau bisa “CTRL+D”. Kemudian pilih menu “Advanced” lalu centang “Kerning for fonts”.

Akhir Kata

Dengan menginstall font baru pada komputer windows 10, maka vasiasi font yang kalian gunakan semakin banyak. Sebelum menginstall atau menambahkan font baru pada komputer, tolong diperhatikan lisensi font tersebut. Pilih lisensi font sesuai kebutuhan kalian.