Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Screenshot Samsung J7 Prime dengan Mudah

Walaupun merupakan seri lama, Samsung Galaxy J7 Prime masih memiliki peminat bagi beberapa kalangan. Samsung J7 Prime dirasa memiliki bentuk yang simple dan interface yang user friendly. Samsung J7 Prime juga memiliki beberapa fitur menarik yang akan memudahkan kalian tentunya, salah satunya adalah screenshot. Oleh karena itu, kalian perlu memahami cara screenshot Samsung J7 Prime.

Dengan adanya fitur screenshot ini, kalian bisa menangkap layar dengan mudah dan cepat untuk berbagai menggunakan aplikasi, menyimpan halaman atau bukti penting, dan menyimpan gambar yang tidak bisa di download. Agar lebih jelas lagi, berikut ini adalah beberapa penjelasan tentang cara screenshot Samsung J7 Prime yang bisa kalian gunakan.

Cara Screenshot Samsung J7 Prime Tanpa Aplikasi

Cara Screenshot Samsung J7 Prime

1. Menggunakan Kombinasi Tombol

  1. Pada sistem bawaannya, Samsung J7 Prime dapat melakukan screenshot dengan menggunakan kombinasi tombol power dan tombol home.
  2. Untuk melakukannya, kalian bisa menekan secara bersamaan tombol power + tombol home beberapa detik.
  3. Jika nantinya layar akan berkedip dan mengeluarkan suara shutter, artinya proses screenshot sudah berhasil dilakukan.
  4. Kalian bisa melihat hasil screenshot tersebut di galeri photo Samsung J7 Prime.

Namun sebagai catatan, disarankan untuk tidak terlalu sering menggunakan tombol power dan tombol home untuk melakukan screenshot. Tombol yang terlalu sering digunakan tentunya akan membuat tombol tersebut menjadi cepat rusak, jadi kamu bisa menggunakan cara alternatif yang akan dibahas di bawah ini.

Cara Screenshot HP Samsung J7 Prime dengan Aplikasi

1. Screenshot Easy

Screenshot Easy adalah aplikasi screenshot besutan developer Ice Cold Apps yang akan memberikan berbagai alternatif screenshot selain menggunakan tombol, seperti tombol ikon melayang, ikon di notifikasi, hingga menggoyangkan perangkat. 

Dengan menggunakan aplikasi ini, kalian tidak perlu menekan tombol apapun untuk melakukan screenshot. Berikut ini adalah beberapa cara menggunakan aplikasi Screenshot Easy.

  1. Pastikan kalian sudah menginstal aplikasi Screenshot Easy di Google Play Store. Kalian bisa mendapatkannya dengan gratis.
  2. Jika sudah terinstal di perangkat, buka aplikasi tersebut lalu tunggu proses deteksi screenshot default dari Samsung J7 Prime.
  3. Langkah selanjutnya yaitu memilih metode yang akan kalian gunakan untuk mengganti tombol fisik ketika melakukan screenshot. Kalian bisa memilih menggunakan Overlay Icon (tombol melayang) atau Notification Icon (ikon notifikasi).
  4. Jika sudah, kalian bisa tap tombol Start Capture.
  5. Jika tombol Start Capture sudah berubah menjadi Stop Capture, artinya kamu sudah dapat melakukan proses screenshot.
  6. Langkah selanjutnya kalian bisa pergi ke halaman yang ingin di screenshot.
  7. Setelah itu tap tombol ikon Screenshot Easy sesuai metode yang digunakan.
  8. Kalian bisa menunggu beberapa saat karena aplikasi ini memerlukan waktu yang sedikit lama untuk melakukan screenshot.
  9. Setelah itu hasil screenshot akan masuk di galeri photo perangkat Samsung J7 kalian.
Jika kalian ingin mengambil screenshot panjang menggunakan aplikasi Screenshot Easy di HP Samsung Galaxy J7 Prime, maka pilih menu "scrolling screenshot"pada aplikasi. 

2. Screenshot Touch

Dengan menggunakan aplikasi Screenshot Touch kalian bisa melakukan screenshot dengan hanya menggunakan satu sentuhan saja. Terdapat beberapa cara screenshot yang bisa kalian gunakan jika menggunakan aplikasi ini, seperti screenshot dengan menyentuh layar, notification arem atau dengan menggoyangkan perangkat.

Aplikasi ini pun memiliki fitur perekaman video di layar perangkat. Agar lebih jelas lagi, berikut ini adalah langkah-langkah menggunakan aplikasi Screenshot Touch.

  1. Pastikan sudah mengunduh aplikasi Screenshot Touch di Google Play Store.
  2. Jika sudah diinstal, buka aplikasinya.
  3. Langkah selanjutnya pilih metode screenshot yang ingin digunakan.
  4. Setelah itu pergi ke halaman yang ingin di screenshot.
  5. Pada halaman yang ingin di screenshot, tap tombol Start Capture sesuai metode yang kalian pilih sebelumnya.
  6. Nantinya hasil screenshot akan langsung tersimpan di galeri photo perangkat kalian.

Baca Juga Artikel Lainnya :

Akhir Kata

Cara screenshot Samsung J7 Prime di atas tentunya akan sangat membantu kamu. Kamu bisa menggunakan beberapa pilihan cara screenshot selain menggunakan cara screenshot default, yaitu menggunakan kombinasi tombol.