Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Pilih Investasi Emas atau Saham, Mana yang Terbaik?

Investasi Emas atau Saham ~ Saat ini, menabung bukan jadi alternatif menyimpan uang yang efektif. Banyak masyarakat yang beralih ke investasi. Mereka berpikir bagaimana cara menyimpan kekayaan tanpa rugi. Namun, diantara investasi emas dan saham, mana yang lebih baik?

Kali ini, kami akan mengulas perbedaan dari dua jenis investasi tersebut. Tentu, setiap jenis investasi memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kalian hanya perlu mempertimbangkan hal tersebut untuk memilihnya.

Memilih Investasi Emas atau Saham

Lebih untung investasi emas atau saham
Lebih bagus investasi emas atau saham

Kami akan memberikan beberapa perbandingan dua jenis investasi ini. Sehingga, kalian bisa menentukan mau lebih baik investasi emas atau saham.

1. Modal Investasi

Saat ini, ada dua pilihan investasi emas yang bisa kalian pilih. Investasi secara fisik atau lewat aplikasi online. Maka dari itu, investasi emas saat ini tidak perlu membutuhkan modal besar, terlebih jika kalian memilih emas digital.

Sama halnya dengan investasi emas, investasi saham juga bisa secara langsung ataupun lewat aplikasi. Sehingga, masalah modal tegantung aplikasi penyedia layanan investasi. Ada yang bisa investasi mulai Rp 10.000,- hingga jutaan.

Bisa disimpulkan, tidak ada yang lebih baik investasi emas atau saham dalam sudut pandang modal. Keduanya tetap digantungkan pada metode investasi yang dipilih.

2. Profit Jangka Panjang

Emas memiliki nilai fluktuasi harga yang relatif stabil. Sehingga, perlu jangka waktu yang panjang untuk mendapatkan keuntungan yang besar. Emas lebih cocok dijadikan underlying simpanan saja, sehingga kekayaan kalian tidak berkurang.

Bila ditanya, apakah investasi emas menguntungkan? Maka jawabannya adalah butuh waktu. Bisa jadi menguntungkan bisa dijadikan sebuah platform simpanan. Tapi tidak untuk investasi jangka pendek.

Berbeda dengan emas, saham memiliki tingkat resiko yang lebih besar. Sehingga tidak menutup kemungkinan kalian juga mendapatkan profit yang lebih besar dalam tempo yang lebih cepat.

3. Resiko Investasi

Selain harga yang relatif stabil sehingga tidak cocok untuk investasi jangka pendek, emas memiliki beberapa resiko. Diantaranya adalah:

  • Banyak penyedia layanan investasi emas palsu.
  • Investasi bodong di platform tak terpercaya.
  • Bisa hilang dan dicuri (untuk investasi emas fisik).

Jika kalian merasa berat terhadap beberapa resiko di atas, maka tidak kami rekomendasikan untuk investasi emas. Lebih baik pilih platform investasi lain. 

Sedangkan investasi saham tentu juga memiliki beberapa resiko, diantaranya:

  • Capital loss atau kerugian modal karena nilai saham turun.
  • Perusahaan bangkrut atau dibubarkan (likuidasi).
  • Perhentian perdagangan saham (suspensi).

Entah investasi emas atau saham, keduanya memiliki risiko masing-masing. kalian hanya perlu mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan dua jenis investasi tersebut.

4. Metode Investasi

Saham maupun emas, memiliki metode investasi yang hampir sama. Keduanya memiliki bisa dilakukan secara langsung atau lewat platform online.

Banyak aplikasi yang menyediakan layanan investasi saham. Begitu juga dengan aplikasi emas secara online. Dalam hal metode investasi, kalian tidak perlu bingung memikirkannya.

Cara investasi emas online mudah, hanya download aplikasi. Begitu juga dengan investasi saham. Hanya perlu daftar pada platform tertentu untuk mengakses bursa penawaran saham.

Mending Investasi Emas atau Saham?

Pada akhirnya, keputusan memilih investasi emas atau saham berada di tangan kalian. Sesuaikan dengan tujuan dan berbagai pertimbangan investasi yang kalian lakukan. Keduanya jenis investasi tersebut memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing.

Semoga penjelasan investasi emas atau saham di atas bisa bermanfaat untuk kalian. Jadikan bebeapa pembahasan tersebut sebagai pertimbangkan ketika menentukan. 

Cek Promo Shopee Hari Ini