Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

5 Contoh Cloud Computing Dalam Kehidupan Sehari-hari

Contoh Cloud Computing ~ Saat ini teknologi dan layanan cloud computing marak digunakan. Lalu pernahkan kalian bertanya-tanya sebenarnya apa itu cloud computing? Memangnya apa manfaat serta contoh cloud computing yang ada sekarang?

Secara sederhananya, cloud computing adalah suatu sistem operasi yang memanfaatkan internet untuk menghubungkan aplikasi satu dengan yang lainnya. Sehingga tidak perlu harus menginstall aplikasi tertentu pada perangkat tersebut.

Poin utama dari cloud computing adalah memanfaatkan internet untuk menyimpan data. Jadi semua data kalian bisa tersimpan secara virtual dan tidak memerlukan penyimpanan konvensional seperti flashdisk, harddisk, dan lainnya.

Manfaat Cloud Computing

Sebelum mengetahui contoh-contoh dari penggunan aplikasi berbasis cloud computing, ada baiknya kita mengetahui apa saja manfaatnya untuk kehidupan kita. Berikut adalah beberapa manfaat yang akan kalian peroleh jika menggunakan cloud computing:

  • Sebagai pusat menyimpanan data terpusat yang bisa diakses banyak orang.
  • Memiliki ruang penyimpanan data yang besar.
  • Menjamin adanya keamanan data dari penggunanya.
  • Tidak memerlukan biaya yang mahal untuk penyimpanan besar.
  • Sangat Fleksibel.
  • Cara pengoperasiannya cukup mudah.

Dan masih banyak lagi.

5 Contoh Cloud Computing Terbaik

contoh aplikasi yang menggunakan cloud computing

Setelah mengetahui manfaat dari cloud computing, kalian pasti segera ingin tahu macam-macam aplikasi dan penerapan cloud counting yang sudah ada saat ini dan sering digunakan untuk kehidupan sehari-hari. Berikut adalah beberapa contoh cloud computing:

1. Google Drive

Kalian sudah pasti kenal google drive bukan? Salah satu fitur dari google ini menyediakan sistem penyimpanan yang berbasis cloud counting. Dalam artian, kalian bisa menyimpan data secara online pada aplikasi tersebut.

Bahkan kalian bisa mendapatkan layanan penyimpanan google drive gratis sebesar 15 GB untuk setiap akun google. Kalian juga bisa mendapatkan penyimpanan  yang lebih besar apabila menggunakan layanan berbayar. 

2. Dropbox

Sebelum populer google drive, dahulu dropbox sudah memulai kepopulerannya. Sama seperti google drive, kalian akan mendapatkan free tempat penyimpanan secara online jika sudah memiliki akun.

Namun pada setiap akun dropbox, kalian hanya akan mendapatkan free 2 GB. Tentu jika ingin meningkatkan tempat penyimpanan, bisa upgrade ke layanan berbayar.

3. Media Sosial

Apakah kalian sadar ternyata selama ini menggunakan sistem cloud computing? Saat ini, semua media sosial sudah menggunakan sistem ini untuk menyimpan data dari para penggunanya.

Mulai dari instagram, facebook, twitter, dan masih banyak lagi. Ini karena media sosial sudah bisa diakses melalui website secara optimal dan tidak harus melakukan instalasi aplikasi.

4. E-Learning Pada Bidang Pendidikan

Contoh cloud computing yang lainnya yaitu e-learning dar bidang pendidikan. Apalagi saat pembelajaran online seperti ini, dimana dibutuhkan tempat penyimpanan yang bisa diakses oleh guru dan siswa tanpa harus terhubung secara langsung, sehingga cloud computing jawabannya.

Jadi pada e-learning bisa menyimpan berbagai data pembelajaran yang bisa diakses oleh guru maupun siswa bahkan tanpa harus mendownloadnya. Beberapa e-learning tersebut yaitu google clasroom, moodle, microsoft teams, edmodo, dan masih banyak lagi.

5. Telemedicine

Tidak harus datang ke dokter atau rumah sakit secara langsung, kini kalian bisa mendapatkan informasi kesehatan melalui berbagai web kesehatan atau telemedicine.

Bahkan kalian bisa melakukan konsultasi secara gratis melalui website tersebut. Beberapa di antaranya yang sudah menggunakan yaitu Halodoc, SehatQ, dan masih banyak lagi.

Akhir Kata

Jadi itu adalah penjelasan mengenai apa saja manfaat serta contoh cloud computing. Bagaimana, apakah kalian tertarik menggunakannya? Atau justru selama ini sudah menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari? Semoga informasi mengenai cloud computing kali ini bermanfaat!