Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

5 Rekomendasi Software Akuntansi Gratis Terbaik yang Patut Anda Coba

Bagi para pemilik usaha atau bisnis, mencatat keuangan dengan baik tentu suatu keharusan. Salah satu platform yang bisa membantu untuk hal ini adalah dengan menggunakan software akuntansi gratis terbaik.

Dengan memiliki aplikasi akuntansi terbaik, Anda bisa mengatur jalannya keuangan bisnis dengan lebih sistematis. Sehingga bisa mengetahui keuangan real dari usaha, membuat perencanaan yang matang, bahkan sampai menganalisa pemasukan serta pengeluaran yang ada.

Namun pasti banyak orang ingin mencari software yang gratis dan full version untuk menghemat biaya, Apakah Anda juga demikian? Tenang saja, Anda akan mengetahui software akuntansi gratis terbaik pada pembahasan kali ini.

5 Software Akuntansi Gratis Terbaik

Software Akuntansi Gratis Terbaik

Berikut adalah daftar dari beberapa software akuntansi gratis terbaik yang bisa Anda coba dengan mudah:

1. ZipBooks

Apabila Anda ingin mencari software akuntansi yang tanpa perlu mendownload terlebih dahulu, maka coba gunakan zipbooks. Anda hanya perlu mengunjungi laman resminya di sini dan mendaftar akun untuk memulainya.

Meskipun tidak berbayar, aplikasi satu ini menyediakan fitur cukup lengkap untuk mengatur keuangan. Selain itu, tersedia pula live chat yang bisa Anda hubungi ketika jam kerja.

Sayangnya aplikasi zipbooks belum tersedia di Indonesia. Jadi Anda hanya bisa mengaksesnya menggunakan bahasa inggris. Serta hanya bisa menggunakan fitur live chat ketika jam kerja pada wilayah USA.

2. Cloudbooks

Anda bisa menggunakan aplikasi cloudbooks secara online. Pada cloudbooks, Anda bisa menambahkan pengguna lain untuk membuat proyek bersama. 

Dengan fitur gratis pula, Anda juga bisa melacak pengeluaran serta perkiraan waktu. Bahkan bisa memberikan perkiraan selesainya proyek atau suatu hal.

Namun pada fitur gratis dari cloudbooks juga cukup terbatas. Salah satunya yaitu pembayaran hanya bisa dalam dollar dan tidak menyediakan bahasa indonesia. Agar bisa mendapatkan fitur lengkap, Anda bisa berlangganan dengan kisaran harga sampai dengan $20 per bulan.

3. Wave

Wave sangat bermanfaat untuk membantu kegiatan yang berkaitan dengan akuntansi dalam bisnis. Meliputi pencatatan keuangan, pembuatan kuitansi secara online, serta mengirimkan invoice ke pelanggan.

Wave bisa Anda nikmati melalui website resminya tanpa melakukan penginstallan, sehingga tidak bisa diakses secara offline. Software satu ini juga menyediakan fitur berbayar yang lebih lengkap, seperti adanya payroll.

Namun kekurangannya pada tampilannya yang mungkin sedikit asing bagi pengusaha asal indonesia. Selain itu, tidak menyediakan fitur inventory. 

Jika ingin mencoba berlangganan wave, maka perlu merogoh kocek $15 per bulannya.

4. Akaunting

Akaunting hadir dengan pilihan Bahasa Indonesia yang akan memudahkan Anda dalam menggunakan aplikasinya. Beberapa fitur dalam aplikasi ini yaitu bisa melacak pengeluaran, sinkron akun, mengelolah pelanggan dan vendor, serta membuat invoice.

Meskipun fitur dalam versi gratisnya cukup lengkap, tapi beberapa fitur Anda harus mendownloadnnya dan dikenakan biaya tahunan. Jika ingin berlangganan, Anda harus membayar sekitar $39-69 untuk setiap item pro yang digunakan. 

5. Kledo

Kledo merupakan software akuntansi yang mesti Anda coba. Pasalnya, fitur yang mereka sediakan dalam versi gratis cukup banyak. Meliputi pembuatan invoice yang cukup mudah, pencatatan keuangan secara rinci, melacak stok, inventori, serta aset tetap secara real time.

Selain itu, software satu ini juga memiliki 30 laporan keuangan dan bisnis yang bisa Anda manfaatkan. Jika ingin menggunakannya dengan banyak pengguna, Anda bisa gunakan versi berbayar dengan harga Rp.99.900 per bulannya.

Akhir Kata

Jadi itu adalah beberapa software akuntansi gratis terbaik yang bisa Anda coba. Bagaimana, apakah tertarik untuk mencoba berbagai aplikasi di atas? Pastikan memilih sesuai dengan kebutuhan dan keinginan ya, selamat mencoba!