Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

8 Aplikasi Catatan Keuangan Ini Bisa Anda Unduh Gratis

Untuk mengatur catatan keuangan bukan pekerjaan yang mudah. Pasti sangat ribet jika harus dicatatkan secara manual dengan tulis tangan. Namun jangan khawatir saat ini sudah banyak aplikasi catatan keuangan yang bisa mempermudah Anda.

Aplikasi-aplikasi ini bisa Anda unduh secara gratis pada ponsel pintar Anda. Layanan aplikasi catatan keuangan ini akan memudahkan pencatatan sehari-hari Anda secara praktis. Aplikasi ini juga sangat berguna untuk mengevaluasi keuangan.

Cara menggunakan beberapa aplikasi ini juga cukup mudah, Anda tinggal memasukkan nominal uang yang keluar dan masuk sesuai tanggal, nah nantinya aplikasi ini akan membuat rangkuman pengeluaran dan pemasukan Anda selama sebulan.

8 Aplikasi Catatan Keuangan Harian Terbaik 

Aplikasi Catatan Keuangan Terbaik

Berikut beberapa aplikasi pencatatan uang harian terbaik untuk pribadi atau bisnis yang bisa diunduh di ponsel android maupun iOS:

1. Google Sheet

Aplikasi catatan keuangan ini sangat cocok digunakan untuk Anda yang kesehariannya menggunakan google untuk pencatatan kerja sehari-hari. Nah, maka dari itu gunakan google sheet untuk pencatatan keuangan,

Anda bisa menggunakan template pencatatan yang sudah ada atau bisa menggunakan catatan keuangan Anda sendiri. Selanjutnya dengan menggunakan berbagai rumus Anda bisa menghitung berapa pengeluaran dan pemasukkan Anda selama sebulan.

Google juga menyediakan banyak grafik yang bisa Anda gunakan untuk menggambarkan kondisi keuangan usaha Anda.

2. Teman Bisnis

Dengan menggunakan aplikasi ini Anda bisa mencatat seluruh transaksi pemasukan dan pengeluaran dari banyak sumber yang sudah dikategorikan. Walaupun bisnis Anda kecil, dengan menggunakan aplikasi ini pencatatan keuangan Anda semakin dimudahkan.

Laporan dari aplikasi di akhir bulannya akan diberikan secara otomatis terhadap keuangan bisnis Anda baik itu laba, rugi, utang, piutang, ataupun arus kas.

3. Money Lover

Aplikasi catatan keuangan satu ini dapat mengklasifikasikan pengeluaran berdasarkan kategorinya. Jadi Anda bisa membuat kategori tiap uang masuk atau keluar, misalnya uang keluar untuk belanja, makan, bayar tagihan, dan lain-lain.

Dengan Aplikasi ini Anda juga bisa menganalisa untuk apa saja uang Anda banyak dikeluarkan agar Anda dapat mengevaluasi demi Kesehatan keuangan Anda kedepannya.

4. Wallet

Aplikasi yang dapat diunduh di Android dan iOS ini memiliki fitur yang lengkap dan memudahkan Anda untuk mencatat keuangan harian. Hampir sama dengan Money Lover yang memiliki fitur mengkategorikan pengeluaran.

Nah nantinya aplikasi Wallet ini akan memberikan grafik detail setiap akhir tahun bagaimana keuangan Anda agar bisa dievaluasi. Agar lebih mudah, Anda juga bisa menyambungkan aplikasi ini dengan rekening bank ataupun dompet digital.

5. Finansialku

Aplikasi catatan keuangan selanjutnya adalah Finansialku. Untuk Anda yang memiliki tujuan finansial seperti berangkat haji, membeli rumah, dan lain sebagainya sangat cocok untuk menggunakan aplikasi ini.

Dengan Finansialku Anda bisa memberikan catatan tabungan Anda untuk mencapai tujuan finansial. Caranya Pun cukup mudah, Anda tinggal memasukkan nominal tabungan yang akan Anda capai, lalu masukkan jumlah tabungan yang Anda simpan di rekening.

Tak hanya tentang tabungan, aplikasi ini juga bisa mencatatkan seluruh pengeluaran keuangan Anda.

6. Monefy

Aplikasi ini sangat cocok untuk Anda yang sudah berkeluarga atau memiliki pasangan. Nantinya aplikasi ini akan memungkinkan Anda untuk memantau pengeluaran anggota keluarga Anda secara real time.

Aplikasi ini juga memiliki banyak fitur yang sangat memudahkan Anda dalam melakukan pencatatan keuangan.

7. Sribuu

Aplikasi catatan keuangan ini merupakan karya anak bangsa yang bisa Anda unduh di play store maupun iOS. Fitur dari aplikasi ini juga cukup lengkap dengan tampilan yang mudah untuk dioperasikan.

Dengan aplikasi ini Anda bisa mengatur budget bulanan. Tak hanya itu, aplikasi ini juga bisa disambungkan ke rekening bank agar dapat mencatat pengeluaran serta pemasukan secara otomatis.

Nahm jika catatan Anda sudah rapi maka aplikasi Sribuu akan memberikan analisis tentang kondisi keuangan Anda selama sebulan dan bisa langsung Anda evaluasi hasilnya.

8. Mint

Selanjutnya ada aplikasi Mint yang sangat populer di kalangan milenial. Hal ini dikarenakan aplikasi ini memiliki banyak fitur yang memudahkan untuk pencatatan keuangan. Seperti aplikasi sebelumnya, aplikasi ini juga bisa disambungkan dengan rekening bank.

Tak hanya itu aplikasi ini juga memiliki fitur portofolio investasi, tagihan bulanan, pinjaman kredit, hingga giro. Anda bisa mengelompokkan pengeluaran dalam berbagai kategori dengan aplikasi ini..

Aplikasi ini juga bisa menampilkan grafik yang akan memudahkan Anda melihat kondisi keuangan. Nantinya jika terjadi pembengkakan maka aplikasi ini akan mengirimkan notifikasi untuk mengingatkan Anda

Akhir Kata

Itulah tadi beberapa aplikasi catatan keuangan yang bisa Anda gunakan untuk mempermudah pencatatan keuangan pribadi maupun bisnis. Tentu jika Anda mudah untuk melakukan pencatatan maka Anda juga akan mudah mengelola keuangan Anda.

Semua aplikasi tadi bisa Anda unduh dengan mudah baik di Android maupun di iOS. Semoga bermanfaat.