Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Mengatasi Pulsa Telkomsel Habis Sendiri

Pulsa yang habis sendiri padahal tidak dipakai untuk SMS atau internetan memang menyebalkan. Tak terkecuali bagi pengguna provider Telkomsel. Pulsa seringkali lenyap begitu saja padahal paket data saja masih banyak. Berikut cara mengatasi pulsa habis sendiri Telkomsel yang bisa dicoba. 

Jumlah pulsa yang terpotong sendiri cukup beragam. Mulai dari 2 ribu sampai puluhan ribu, bahkan tak jarang lebih dari itu jika diakumulasikan. Oleh karena itu, pengguna harus segera mengetahui penyebabnya dan segera mengatasinya.

Mengapa Pulsa Telkomsel Terkuras Terus?

Sebelum mengetahui cara mengatasi pulsa habis sendiri, kalian harus memahami terlebih dahulu penyebabnya. Dengan demikian, cara berhenti langganan Telkomsel yang menguras pulsa bisa dilakukan. 

Pulsa yang terpotong tersebut jika diakumulasikan memang cukup lumayan. Terlebih jika pengguna baru saja melakukan top up, rasanya memang menjengkelkan jika hilang begitu saja. Hal tersebut biasanya terjadi karena beberapa sebab berikut ini:

  • Perpanjangan otomatis terhadap program paket Telkomsel, misalnya paket kuota, paket SMS, maupun telepon unlimited.
  • Tanpa sadar berlangganan RBT (Ring Back Tone).
  • Seringkali klik download di sembarang website. 
  • Pulsa selalu terpotong setelah mendapatkan SMS dari nomor yang tidak disave di kontak.

Sembarang klik iklan menjadi salah satu penyebab yang paling sering pulsa terkuras. Pengguna banyak yang tidak menyadari bahwa iklan tersebut akan membuat provider memotong pulsa secara otomatis. Ketidaksadaran pengguna tentu membuat jumlah pulsa lama-lama bisa habis. 

Sebagian besar orang memang tidak menyadari bahwa dirinya mengikuti konten tertentu. Jika tidak ingin merugi pulsa terus-menerus tentunya layanan penyedot pulsa harus segera dihentikan. 

Cara Mengatasi Pulsa Habis Sendiri Telkomsel

Cara Mengatasi Pulsa Telkomsel Habis Sendiri

Tentunya, kalian tidak ingin terus-menerus pulsa terkuras habis. Hal tersebut sangat merugikan dan membuang-buang uang saja. Namun, tampaknya memang banyak yang mengadukan masalah ini ke admin Telkomsel di media sosial. 

Kebanyakan merasa jengkel dan heran mengapa pulsa yang baru diisi malah berkurang begitu saja. Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya simak cara-cara mudah yang bisa dilakukan untuk memberantas layanan penyedot pulsa Telkomsel.

1. UNREG Layanan Penyedot Pulsa

Apa saja layanan penyedot pulsa yang sering tidak disadari? Ya, sebagian besar pengguna memang merasa tidak mengaktifkan layanan, seperti konten, game, atau lainnya. Layanan tersebut aktif dan menguras pulsa terus-menerus. Simak cara menghentikannya melalui langkah-langkah berikut ini:

  • Buka menu dial phone di ponsel, lalu ketikkan kode *116#.
  • Tekan OK atau Call.
  • Akan ditampilkan beberapa pilihan menu, pilih Info Konten di nomor 3. 
  • Silahkan pilih Informasi Konten Anda di nomor 1, atau bisa juga langsung memilih bagian Stop Semua (Konten dan NSP) di nomor 4. 

Pada langkah ini, kalian harus pastikan sudah UNREG karena layanan yang aktif itulah yang menyebabkan pulsa terkuras. 

Apabila kode USSD *116# sulit diakses, sebaiknya restart smartphone terlebih dahulu. Selanjutnya coba kembali kode-kode di bawah ini yang merupakan layanan self care dari Telkomsel:

  • Kode *999# untuk simPATI
  • Kode *100# untuk Kartu As
  • Kode *567# untuk LOOP

2. Menghubungi Call Center Telkomsel

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan untuk  mengatasi layanan penyedot pulsa adalah dengan menghubungi call center. Cara ini pada umumnya digunakan bagi pengguna yang mengalami masalah pada kartu sim. 

Namun, menelepon call center di 188 juga bisa menjadi solusi agar pulsa tidak terus terkuras habis. Biasanya CS akan langsung menangani permasalahan penyedot pulsa ini saat itu juga. Namun perlu diketahui, bahwa layanan ini dikenakan biaya Rp 300,- per satu kali panggilan bagi pengguna simPATI. 

Sedangkan untuk pengguna Kartu As dan Loop layanan panggilan ini gratis. Jadi, pastikan pulsa mencukupi jika kalian pengguna simPATI. 

3. Mengunjungi Official Telkomsel Online

Cara ini menjadi paling banyak digunakan karena Official Telkomsel bisa ditemui di berbagai sosial media. Selain itu, cara ini gratis dan mudah dilakukan karena kebanyakan orang memiliki sosmed. Kalian bisa mengunjungi Official Telkomsel untuk menghentikan layanan penyedot pulsa. 

Adapun Official Telkomsel di berbagai platform adalah sebagai berikut:

Telkomsel juga memperbarui aplikasi mobile myTelkomsel dengan memberikan fitur Asisten Virtual. Fitur ini memungkinkan pengguna melakukan chat langsung bersama customer service. Kalian bisa meminta bantuan untuk menghentikan semua layanan penyedot pulsa yang aktif. 

Tentunya cara ini termasuk efektif dibanding menelepon CS dengan panggilan. Selain gratis, aplikasi myTelkomsel juga memudahkan penggunanya untuk membeli pulsa dan mengaktifkan paket internet. 

4. Mendatangi Gerai Telkomsel Terdekat

Cara terakhir yang bisa dicoba untuk menghentikan layanan penguras pulsa adalah dengan mendatangi gerai Telkomsel. Jika di tempat tinggal kalian ada gerai Telkomsel terdekat, tidak ada salahnya untuk datang. 

Terlebih jika metode yang sudah dilakukan sebelumnya tidak berhasil. Tak jarang pulsa pengguna masih tersedot begitu saja. Di gerai Telkomsel, pengguna bisa mengambil nomor antrian terlebih dahulu ke Customer Service. 

Setelah itu, jelaskan keluhan mengenai layanan penyedot pulsa yang merugikan. Berikutnya, CS akan langsung menghentikan layanan penguras pulsa tersebut. 

Baca Juga : Kenapa Ditelpon 188 

Tips agar Pulsa Telkomsel Tidak Terkuras Habis

Setelah berhasil mengatasi masalah pulsa yang tersedot, tentunya sekarang kalian harus berhati-hati terhadap layanan apapun. Terkadang memang kita tidak sadar ketika klik iklan di sembarang web. Selain itu, di saat menggunakan suatu aplikasi, pengguna kerap kali tidak sengaja klik iklan. 

Padahal hal tersebut bisa menjadi pemicu pulsa yang habis terus-menerus. Kalian bisa melihat sendiri banyaknya pelanggan yang mengeluhkan layanan penyedot pulsa. Jika sudah berhasil mengatasi hal ini, sebaiknya simak tips berikut agar pulsa Telkomsel tidak terkuras habis:

  • Jangan Download di Sembarang Situs

Pernah mendownload lagu, video, atau aplikasi di sembarang tempat? Bisa jadi hal ini adalah pemicu aktifnya layanan penyedot pulsa. Terlebih jika aktivitas download tersebut kalian sering dialihkan ke halaman lain. Bisa jadi tanpa sengaja iklan sudah terlanjur di klik, sehingga memotong pulsa. 

Jumlah pulsa yang dipotong pun berbeda-beda. Namun, paling sering adalah Rp2.000,- setiap harinya. Jika diakumulasikan, tentu lama-lama pulsa akan habis. Oleh karena itu, berhati-hatilah untuk setiap web yang dikunjungi. 

  • Layanan Paket yang Aktif Otomatis

Terkadang pengguna masih menggunakan paket telepon, SMS, atau internet yang aktif otomatis. Padahal pengguna sudah tidak berminat mengaktifkan paket tersebut karena dinilai kurang memuaskan. Sayangnya, seringkali mereka lupa menonaktifkan paket tersebut. 

Di saat paket sudah habis masa waktunya, perpanjangan otomatis akan berlaku. Terlebih jika kalian baru saja melakukan top up pulsa. Pastinya sangat menyebalkan ketika mendapati pulsa habis begitu saja untuk paket yang tidak diinginkan. 

  • Jarang Cek Menu SMS

Coba kalian cek menu SMS yang mungkin jarang dibuka. Mengingat kebanyakan pengguna smartphone saat ini menggunakan fitur chat di aplikasi untuk berkomunikasi. Padahal, di menu SMS tersebut bisa didapati notifikasi bahwa pengguna sedang menggunakan layanan tertentu. 

Pada SMS tersebut, biasanya akan langsung diberitahukan bagaimana caranya untuk UNREG. Jika tidak segera UNREG, tentunya layanan tersebut akan terus-menerus dan menyedot pulsa.

Akhir Kata

Beberapa cara mengatasi pulsa Telkomsel habis sendiri di atas bisa kalian coba. Tentunya, tidak mau kalau setiap isi pulsa raib terus, kan? Oleh karena itu, yuk segera stop layanan penguras pulsa tersebut. 

Cek Promo Shopee Hari Ini