Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Perbedaan Emas Antam dan UBS, Mana yang Bagus untuk Investasi?

Perbedaan Emas Antam dan UBS ~ Tak ada yang memungkiri jika emas adalah produk investasi yang paling aman. Nilai emas dari waktu ke waktu naik. Sehingga cocok digunakan investor pemula. Sebelum mulai investasi emas, pastikan tahu perbedaan emas Antam dan UBS terlebih dahulu.

Antam dan UBS adalah produk atau merek emas batangan yang beredar di pasaran Indonesia. Meskipun sama-sama emas, ada beberapa perbedaan fundamental yang perlu dipahami oleh calon investor emas.

Baca Juga : Pilih Investasi Emas atau Saham, Mana yang Terbaik?

Emas Antam Vs UBS, Mana yang Lebih Baik?

Investasi emas batangan antam atau ubs
Emas antam dan ubs bagusan mana 

Setidaknya ada 4 perbedaan mendasar dari dua merek emas ini. perbedaan tersebut terletak pada produsen, bentuk fisik, sertifikasi emas, dan market. Untuk lebih jelasnya, mari kita bahas satu per satu.

1. Produsen Emas

Perbedaan emas Antam dan UBS yang pertama adalah pada produsen. Sebab, kedua jenis emas ini adalah sebuah merek produk emas batangan.

Emas Antam, diproduksi oleh PT. Aneka Tambang Tbk yang merupakan BUMN. Namun saat ini dialihkan menjadi anak perusahaan PT Inalum. Antam adalah sebuah sama yang berasal dari singkatan Aneka Tambang.

Sedangkan UBS adalah merek emas batangan yang diproduksi oleh PT Untung Bersama Sejahtera. Sebuah perusahaan produsen perhiasan swasta. Selain emas, perusahaan ini memproduksi merek perhiasan lainnya.

2. Bentuk Fisik Emas

Pada dasarnya, tidak ada perbedaan yang signifikan dari kedua merek emas tersebut. Entah emas UBS ataupun Antam, sama-sama memiliki ukuran yang bervariasi.

  • Emas Antam: 0.5 gram, 1 gram, 2 gram, 2.5 gram, 3 gram, 4 gram, 10 gram, 50 gram, 100 gram, dan 1 kg.
  • Emas UBS: 0.1 gram, 0.5 gram, 1 gram, 2 gram, 3 garm, 4 gram, 5 gram, 10 gram, 25 gram, dan 100 gram.

Dilihat perbedaan emas antam dan UBS dari segi bentuk fisik,  emas UBS terlihat lebih terbatas. Tidak ada ukuran 1 kg seperti Emas Antam.

Sedangkan untuk masalah kemurnian emas, emas Antam dan UBS sama-sama memiliki kadar 99.99% emas. Artinya, keduanya memproduksi emas murni tanpa campuran apapun.

3. Market (Pasar)

Kedua jenis emas ini bisa kalian temukan di seluruh toko emas di Indonesia dan tersedia di website masing-masing.  

  • Emas Antam ada di website www.antam.com
  • Emas UBS ada di website ubsgold.com

Maka jika kalian bertanya beli emas ubs dimana? Kalian bisa langsung mencari di toko emas resmi terdekat atau mengunjungi website emas UBS. Begitu juga dengan merek emas Antam.

Baca Juga : 4 Rekomendasi Aplikasi Saham Syariah Terbaik 2021

4. Sertifikasi Emas

Perbedaan yang paling mencolok dari dua merek emas ini adalah pada sertifikasi. Sertifikat emas antam menyatu dengan kemasannya. Dengan kata lain sudah terlaminasi dengan kode QR yang bisa di scan via aplikasi Carieye.

Selain itu, Emas Antam juga memiliki sertifikat London Bullion Market Association (LBMA). Sehingga untuk proses penjualan akan lebih mudah, sebab sudah berlaku di seluruh dunia.

Sedangkan, emas UBS hanya memiliki sertifikat dari PT UBS sendiri. Sertifikat tersebut berupa kertas terlaminasi menyerupai SIM Card. Digambarkan dengan karakter kartun lucu.

Sehingga, emas UBS tidak memiliki sertifikat internasional seperti emas Antam. Maka dari itu, jika kalian ingin emas yang mudah dijual di luar negeri, lebih baik pilih Emas Antam dengan sertifikat LBMA.

Akhir Kata

Itulah sedikit perbedaan emas antam dan UBS yang perlu kalian ketahui. Berdasarkan beberapa hal di atas, kalian hanya perlu memilih emas yang paling sesuai dengan kebutuhan kalian. Keduanya sama-sama bagus dengan keunggulan masing-masing.

Cek Promo Shopee Hari Ini